Buah-buahan, Sebelum atau Sesudah Makan?

makan buah buahan 300x195 Buah buahan, Sebelum atau Sesudah Makan?Anda telah banyak mendengar bahwa konsumsi buah-buahan setiap hari sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, kapan sebaiknnya kita makan buah-buahan ?. Pertanyaan ini boleh jadi membingungkan buat kita, sebelum makan atau sesudah makan. Ternyata banyak dari kita gagal untuk memahami, bahwa konsumsi buah-buahan disini, sebaiknya tidak dilakukan setelah makan karena menyebabkan masalah pencernaan. Disarankan bahwa buah-buahan harus dimakan 20-30 menit sebelum makan.

Alasan utama di balik ini adalah, buah mengandung gula dan dengan demikian mereka mengambil waktu untuk memecah. Jika kita makan buah-buahan sebelum atau setelah kita makan, maka membutuhkan waktu untuk dicerna. Sementara banyak nutrisi penting yang ditemukan dalam buah-buahan. Maka selalu disarankan,  sebaiknya buah-buahan dimakan beberapa menit sebelum kita makan. Mungkin karena faktor atau budaya yang menjadikan kita ikut arus konsumsi buah-buahan setelah makan. Padahal senestinya tren makan buah seperti itu semestinya dirubah.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa buah harus dimakan sebelum makan:

1. Buah-buahan harus selalu dimakan dua puluh atau tiga puluh menit sebelum makan. Dan jika Anda ingin mengkonsumsi makanan lainnya, sebaiknya menunggu tiga jam kemudian untuk memberikan kesempatan makanan dicerna secara sempurna. Konsumsi buah-buahan sebelum makan juga membantu dalam mengurangi berat badan.

2. Karena tubuh kita tidak mendapatkan makanan selama delapan sampai sembilan jam saat tidur, disarankan untuk memasukkan buah-buahan dalam diet Anda setiap pagi (sebelum sarapan). Ini membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makan buah adalah cara sehat untuk memulai hari Anda.

3. Hindari makan buah-buahan sebagai lauk dalam makanan. Demikian juga, Makan buah sebagai hidangan penutup, karena tidak memberikan hasil yang terbaik untuk tubuh, seperti buah yang dicincang dan dicampur dengan gula sebagai campuran salad atau es krim.

4. Lebih baik untuk menghindari buah-buahan kalengan, beku atau buah yang telah diproses. Buah-buahan ini memiliki kadar gula tinggi, pengawet, atau zat aditif lainnya. Zat  kimia yang terdapat di dalamnya dapat berbahaya bagi tubuh.

5. Makan buah-buahan setiap pagi pada perut kosong (sebelum sarapan) menyehatkan, karena membantu tubuh menyerap semua nutrisi penting dan esensial yang ditemukan dalam buah-buahan.

Sudah tahukan ?. Jadi sebaiknya kita mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan, bukan sesudah makan. Agak susah barangkali mengubah kebiasaan kita selama ini yang biasa konsumsi buah setelah makan. Namun, mengingat manfaat kesehatannya dalam jangka panjang, akan lebih bijak kalau kita harus mulai berubah dari sekarang.

Artikel ini dicari dengan "kata kunci":

Tinggalkan komentar :

One Response to Buah-buahan, Sebelum atau Sesudah Makan?

  1. Irsamukhti says:

    Pengetahuan yang bermanfaat… :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>