Telur, Konsumsi Mentah atau Digoreng

Telur Pemalang

Telur merupakan jenis makanan bergizi lengkap, karena mengandung tujuh asam amino esensial. Telur tergolong makanan serbaguna dan praktis cara penyajiannya. Anda bisa menikmatinya dengan beragam cara, bisa dimakan mentah, digoreng, direbus dan sebaginya. Bagaimana cara Anda mengkonsumsi telur selama ini? Apakah Anda mengkonsumsinya dengan cara langsung dalam kondisi mentah, atau Anda menggorengnya terlebih dahulu?. Tahukah Anda bahwa pilihan Anda untuk mengkonsumsi telur mengandung resiko masing-masing.

Vitamin dan Mineral
Menggoreng telur berakibat menguapnya nutrisi ke udara. Pemanasan pada telur juga dapat menghancurkan kandungan nutrisinya. Namun, nilai gizi telur goring sangat mirip dengan telur mentah, menurut situs database HealthAliciousNess.com. Telur mentah maupun telur goreng, keduanya mengandung sumber vitamin B12, riboflavin, fosfor dan selenium. Selain itu, keduanya juga sumber vitamin A, zat besi, asam pantotenat, asam folat, dan sejumlah vitamin dan mineral.

Lemak
Perbedaan terbesar antara gizi telur mentah dan goreng adalah kandungan lemak.Tiga ons telur mentah mengandung 9.94 gram lemak, 3.099 gram lemak jenuh, dan 423 miligram kolesterol. Sebaliknya, telur goreng dengan berat yang saman mengandung 15.31 gram lemak, 4.294 gram lemak jenuh, dan 457 miligram kolesterol. Penambahan 5 gram lemak pada telur goreng terlihat tidak signifikan, tetapi itu mewakili 9 persen toleransi dari kandungan lemak harian yang disarankan.

Resiko
Konsumsi telur mentah beresiko menularnya salmonella pada orang yang mengkonsumsinya, atau pun makanan yang tercampur dengannya. Anak-anak, wanita hamil, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah sangat beresiko mengalami keracunan makanan. Jadi berhati-hati lah buat Anda yang gemar mengkonsumsi telur mentah.

Telur Goreng Sehat
Minyak atau lemak yang Anda gunakan untuk menggoreng telur juga membuat perbedaan kandungan lemak dalam telur. Jika Anda harus menggoreng telur Anda dan tak mau direpotkan dengan cara merebus yang mungkin terlalu lama, maka menggoreng menggunakan minyak zaitun adalah alternatif yang disarankan. Kalau Anda menggoreng telur dengan minyak terlalu banyak, ini akan menambah lebih banyak lemak, dan membuat telur goreng Anda bahkan kurang sehat.

Jadi, Anda mau telur mentah atau telur goreng?. Itu terserah Anda…:)

Artikel ini dicari dengan "kata kunci":

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>